Jenis Burung Dengan Suara Unik di Indonesia

Indonesia meerupakan negara yang memiliki keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia. Termasuk berbagai jenis burung kicau.

Ini membuat burung-burung kicau memiliki banyak penggemar sendiri. Komunitas ini disebut kicau mania burung.

Di Indonesia, Kicau Mania memiliki beberapa kategori seperti burung koloni dan burung petarung / lomba.

Burung petarung umumnya hidup sendiri dan selalu menjaga wilayah. Sifatnya yang mudah disebabkan oleh emosi membuat burung ini bernyanyi kuat ketika mendengar suara burung lain.

Sementara burung koloni hidup lebih sering dalam suatu kelompok. Nah, ada juga jenis burung lagu lain, yaitu burung guru lagu atau masteran.

Jenis ini biasanya digunakan sebagai guru suara untuk burung lain. Seperti suara burung cililin yang sangat kuat, bersih dan sangat ketat.

Di Nusantara ini sangat kaya akan fauna yang memiliki beragam spesies dari Sabang sampai Merauke.

Jenis Burung Dengan Suara Unik

Karakteristik setiap jenis burung sangat unik. Dari warna bulu, bentuk tubuh, suara lagu, makanan dll.

Berikut ini adalah ringkasan sejumlah burung kicauan yang memiliki suara unik di Indonesia :

1. Burung Pleci

burung pleci

Pleci adalah jenis kicauan yang awalnya kurang populer. Berkat ramainya dalam perlombaan burung, kicau Mania mulai banyak meliriknya untuk peliharaan maupun perlombaan.

Dapat dikatakan jika Burung Pleci adalah burung kecil populer.

Anda tidak dapat meremehkan suara kecil pleci. Di balik tubuhnya yang mungil, ada suara indah dan merdu yang enak di dengarkan dan untuk perlombaan burung.

2. Burung Tledekan

tledekan

Burung Tlegekan adalah sejenis burung dengan suara indah yang saat ini sedang banyak peminatnya. Karena burung ini mulai di ikutsertakan ke dalam berbagai kompetisi lomba burung dengan kelasnya sendiri.

Yang paling populer adalah burung tledekan gunung atau disebut burung sulingan.

Hampir semua jenis burung telekan memiliki warna dominasi biru. Sementara burung yang populer dan banyak peminatnya terdiri daro 4 jenis ini. Diantaranya Tledekan pegunungan/ gunung, Tledekan bakau, Tledekan laut dan Tledekan slendang biru.

3. Burung Kolibri

kolibiri

Burung jenis ini populer pada 2016. Warna bulunya yang indah dan suara merdu membuat burung ini banyak dicari.

Keunikan dari burung kolibri ini adalah cara meniru suara burung lain seperti suara cililin, Kapas Tembak, Lovebird, Kenari dll.

Jenis-jenis burung kolibri sangat beragam, mulai dari Kolibri Ninja, Kolibri Sepah Raja, Kolibri Manggar, juga Jolibri Sriganti.

4. Burung Murai Batu

murai batu

Merupakan jenis burung kicau dengan harga yang cukup mahal, Murai Batu memang terkenal dengan bulu ekor yang indah, suara dan kecerdasannya.

Burung ini memiliki kebiasaan yang cukup unik yang dapat meniru suara burung lain. Tidak heran burung Murai Batu memiliki penggemar sendiri.

Murai Batu Medan adalah salah satu jenis Murai yang paling terkenal sebagai burung murai yang memiliki ekor terbaik di Indonesia karena memiliki ekor panjang dan lengkung.

5. Burung Cucak Rowo

cucak rowo

Harga jual burung kicau jenis ini cukup mahal. Tentu saja sebanding dengan kicau nya yang indah dan merdu.

Di beberapa daerah, suara Cucak Rowo dikenal sebagai setengah roopel, semi, nglagu, ngnengkel, isian.

Cucak Rowo dapat Anda temui dari Pulau Sumatra, Jawa Barat, Kalimantan, di Semenanjung di Malaysia.

Berdasarkan lokasi asal, jenis cucak rowo dibagi menjadi 6 jenis. Cucak Rowo Bengkulu, Cucak Rowo Malaysia, Cucak Rowo Medan, Cucak Rowo Jawa Barat, Cucak Rowo Kalimantan dan Cucak Rowo Lampung.

5. Burung Anis Merah

anis merah

Burung Anis Merah atau Red Pugglor atau Castle of Worm, yang sering disebut anise bata, tak terpungkiri adalah burung yang sangat populer di antara hobi kicauan. Dengan gaya teler, Anis Merah mampu memberikan pesona dan daya tarik kekuatan tinggi.

Salah satu jenis burung yang juga dikenal sebagai nama Punglor Merah, Anis Bata, Punglor Cacing dan Punglor Bata. Anis Merah cukup populer di kalangan mania kicau karena kemampuannya untuk bernyanyi sangat merdu.

Karakter anis merah ini laki-laki/ pejantan, ketika seseorang bertemu burung yang sama, kepalanya akan bangkit.

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *