Ragam Jenis Burung Peliharaan Untuk Dirawat di Rumah

Ada banyak jenis burung peliharaan yang dapat menjadi pilihan menarik untuk dirawat. Setiap burung memiliki ciri khas baik dari segi warna maupun fisik.

Selain itu, masing-masing memiliki kelemahan dan kekurangan sendiri. Pemilihannya dapat disesuaikan berdasarkan selera masing-masing orang. Terlebih banyak orang menjadikan kegiatan memelihara burung sebagai hobi.

Selain menjadi hobi, kegiatan memelihara jenis unggas satu ini juga dapat menghasilkan uang.

Namun sebelumnya, kamu harus tahu jenis-jenis burung sehingga dapat memilih paling menarik dan tepat untuk dijadikan sebagai peliharaan. Baik pemeliharaan tersebut bertujuan untuk hobi maupun sumber penghasilan.

Berikut jenis-jenis burung yang dapat dijadikan sebagai peliharaan di rumah;

1. Burung Kenari

Jenis ini termasuk dalam kategori jinak dan pintar terlebih dalam menirukan suara burung lain. Dalam hal ukurannya, tubuhnya terbilang cukup kecil sehingga menarik untuk dijadikan sebagai peliharaan di rumah.

Untuk perawatannya tidak terlalu sulit dan terbilang cukup sederhana seperti peliharaan pada umumnya.  

Download suara burung kenari klik disini

2. Murai Batu

Jenis burung peliharaan lain yang tidak kalah menarik yaitu murai batu. Bagi pecinta burung, jenis ini sangat banyak diminati karena memiliki suara kicauan yang indah.

Dalam hal kicauan, murai cukup mudah dilatih. Selain itu, jenis ini memiliki suara cukup keras dengan kicauan unik.

Sehingga tidak heran banyak pecinta burung memilih murai sebagai hewan peliharaan.

Murai batu ini sendiri merupakan jenis burung yang berasal dari Indonesia dan bisa berkicau.

Memelihara jenis ini tergolong cukup menguntungkan karena diminati oleh banyak orang. Untuk jenisnya cukup beragam dari mulai murai batu medan, murai borneo hingga lain sebagainya.

Paling banyak dicari yaitu murai batu medan karena memiliki bentuk khas yang menawan.

3. Burung Beo

Jenis burung peliharaan yang menarik untuk dipelihara di rumah yaitu beo. Peliharaan satu ini cukup menarik karena memiliki ciri paling khas.

Salah satu keunggulan dari beo yaitu dapat menirukan berbagai suara dari mulai nyanyian, seruan, panggilan hingga lainnya.

Perawatannya juga terbilang cukup mudah sehingga tidak merepotkan pemiliknya.

Paling menarik, beo dapat mengenali pemiliknya. Berdasarkan tampilan fisik beo tidak terlalu menarik karena memiliki bulu berwarna hitam serta paruh kuning.

Selain warna, memiliki kepala dengan bulu pendek. Meski begitu, kemampuannya dalam menirukan suara menjadi daya tarik tersendiri.  Untuk jenisnya cukup beragam dan bisa dipilih.

4. Burung Parkit

Parkit menjadi jenis burung peliharaan untuk di rumah karena memiliki tampilan yang cukup menarik. Jenis ini memiliki kemiripan dengan burung lovebird dalam hal ukuran tubuh.

Sementara dalam hal bulu, antara parkit dan lovebird memiliki perbedaan terutama pada garis hitam di punggung serta kepala.

Parkit termasuk dalam kategori jinak sehingga pemeliharaannya cukup mudah. Burung ini bisa dilatih sehingga membuatnya menjadi peliharaan yang menarik.

Harga dari jenis ini juga terbilang cukup terjangkau dan dapat ditemukan secara mudah. Suara kicauan parkit cukup khas dan keras sehingga membuatnya semakin menarik untuk dipelihara.

Sebagai bagian dari kelompok unggas, memelihara burung menjadi suatu kegiatan cukup menyenangkan.

Terlebih jika jenis burung yang dipelihara memiliki keunggulan tersendiri baik dalam hal penampilan maupun kemampuannya. Selain jenis di atas, terdapat jenis burung peliharaan lain yang menarik untuk dirawat.

Semoga Info ini bermanfaat

Baca juga : Perawatan Murai Batu Serak Setelah Mabung

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *